3
1722

√ Ayam Plucker Sang Pencabut Bulu?

Ayam Plucker idola baru bagi penghobi dan peternak ayam laga? Benar sekali salah satu keuntungan bagi penikmat ayam laga salah satunya karena gaya bertarung yang semakin modern beserta dari tekniknya sekaligus. Unggas ini belum lama masuk ke Indonesia dan akhirnya sudah mulai berkembangbiak dan tersebar berbaai penjuru.

Keuntungan besar yang didapat oleh breeder di tanah air yaitu menjaga keaslian keturunannya dan bahan sebagai perkawinan silang dengan beberapa jenis ayam aduan lainnya. Misalnya dengan strain ayam bangkok klasik, mangon dan sebagainya.

Mungkin saat ini kepopuleran plucker di Indonesia belum seramai pecinta ayam aduan yang sudah malang melintang lainnya. Karena faktor mahal dan harus import dari luar negeri sebagai kendala bagi peternak pinggiran. Daripada kelamaan basa-basi mari kita sama-sama pelajari ayam plucker sebagai berikut :

Apa Itu Ayam Plucker

Apa itu ayam plucker?

Ayam plucker berasal dari California negara USA atau yang kita kenali dengan Amerika Serikat. Unggas aduan ini dapat masuk negeri kita namun harus melewati negara Filiphina baru dapat mendarat ke Indonesia.

Va Phen Moua a.k.a VP ialah orang yang menciptakan dan mengenalkan Georgia Plucker beliau ini berasal dari negara bagian Amerika Serikat yakni Georgia. Awal mula VP menciptakan unggas ini kurang lebihnya dari akhir tahun 1990an hingga tahun 200an.

Umumnya jenis ayam baru ini sering kali disebut dengan singkatan GA Plucker atau Plucker saja tanpa tambahan nama lainnya. Sang pencipta merupakan sesepuh/tetua dikalangan masyarakat yang asli dari suku hmong (Vietnam & Laos) tapi yang bertempat tinggal di Amerika Serikat.

VP sendiri dikenal sebagai orang yang dijuluki (The Doctor). Akhirnya line GA Plucker dari vp itu dikembangkan sama Jhon Moau, Jason Love, Red Wing, Eric Vang, Qaib Ox dan masih banyak peternak di United State lainnya. Perlu diketahui bahwa GA Pluckers endiri merupakan hasil dari pengembangan perkawinan silang antara Brazilian X Qaib Thai.

Ciri-Ciri Ayam Plucker

Karakteristik Ayam GA Plucker

 

Salah satu ciri utama ayam dapat dikatakan strain baru karena adanya tampilan fisik yang sama rata di semua ternakan dalam masa beberapa keturunan. Selain itu warna plucker asli/original ialah hanya dua yakni gondang dan kelabu gelap.

Jangan khawatir karena kami disini insyaallah akan menyampaikan pengetahuan kepada sobat semua agar benar-benar memperoleh informasi yang jelas dan bermanfaat untuk kita semua. Apa saja ciri fisik ayam plucker? Inilah jawaban versi dunia binatang :

  • Memiliki struktur bodi yang bagus
  • Teknik bertarung standing brakot
  • Sturkur tulangan tebal dan kokoh
  • Rata-rata bobotnya antara 2,8-3,9 KG
  • Karakter bertarung peluk leher dalam ke arah punggung dan pukul brakot lawan berbobot terarah.
  • Muka & paruh tebal
  • Sayap panjang dan lebih lebar dari jenis lain
  • Detroit paha lebih tebal

Adapun yang mesti sobat semua ketahui dari plucker ialah gaya tarung mirip dengan ayam pakhoy namun kualitas mentalnya lebih bagus dan bisa dikatakan tidak punya kata menyerah alias keok/kabur.

Akan tetapi kalau kalah poin dari lawan bisa mungkin sehingga sering kali dijadikan andalan untuk kontes lantasan pantang mundur dari lawan-lawannya. Nah itu sedikit penjelasan kami terkait ciri-ciri plucker,

Kelemahan Ayam Plucker

Kekurangan Ayam Plucker

 

Poin utama yang perlu diketahui para penghobi ayam laga di Indonesia yang ingin memelihara plucker ialah mempunyai kekurangan atau kelemahan apabila tidak diberi celah oleh lawannya. Jadi amat kerepotan andiakan bertemu musuh yang modelnya berjaga jarak atau permainan kontrol.

Alhasil karena lawannya tipe ayam kontrol menyulitkan dia guna memukul. Maka dari itu hal tersebut bisa membuatnya kalah secara perhitungan poin. Lantas pertarungan semacam ini membutuhkan stamina yang banyak bisa jadi 3-4 air untuk menentukan pemenangnya.

Kelebihan Ayam Plucker

Kelebihan Ayam Plucker

Sedangkan untuk keistimewaanya sobat bisa menikmati dari teknik bertarungnya yaitu leher masuk dalam ke lawan lalu menghempaskan pukulan berat berbobot kepada musuhnya. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai sang pencabut bulu.

  • Mental pantang mundur
  • Paruh tebal dan tajam
  • Ukuran standar ayam kontes di Indonesia
  • Warna ori gondang dan kelabu tua
  • Peternak masih jarang yang memiliki
  • Struktur badan padat dan tebal
  • Teknik pukul brakot keras
  • Akurasi pukulan terarah
  • Harganya cukup stabil

Perbedaan Ayam Plucker & Pakhoy

plucker vs pakhoy

Setiap jenis ayam tentunya memiliki keunikan dan karakteristik masing-masing. Jadi ayam bisa dikatakan jenis baru sebab ada landasan pokoknya bukan karena asal-asalan saja. Misalnya dari postur tubuhnya, gaya bertarung dan ciri-ciri fisik tertentu.

  • Fisik Ayam Pakhoy dan Plucker

Pertama secara karakterisik fisik pakhoy tidak jauh berbeda dengannya namun dari struktur tulangannya masih tebal plucker. Selain itu bulu dan sayapnya pun panjang dari plucker.

  • Gaya Bertarung Plucker

Teknik ayam pakhoy berbeda dengan plucker karena line pakhoy lebih mendominasi ke teknik brakot brutal ke musuhnya. Sedangkan plucker mempunyai teknik leher meluk dalam ke arah punggung dan pukul barkotnya ke lawan dengan bobot serta akurasi.

Dari mentalnya pun plucker dikatakan tanpa menyerah sehingga tidak akan kabur keluar arena pertarungan. Dengan inilah sebagai perbedaan paling mencolok antara pakhoy dan plucker yang bisa kita ketahui bersama-sama.

Harga Ayam Plucker

Harga Ayam Plucker

Perlu diketahui oleh sobat semuanya bahwa harga ayam plucker ori yang dari amerika serikat umumnya dibandrol 1500$-2500$ ya kalau nilai rupiah antara Rp.15.000.000-30.000.00an Juta/Pasang.

Karena pengembangan strain plucker juga banyak jadi ada import dari filiphina misalnya ternakan dari White Dragon 15 juta sudah dapat. GA Braz 25 Juta, 20G (Qaib Ox) & Backbreaker 25 Juta. Dengan range list harga dari berbagai bloodline juara dan sudah siap abar.

Untuk price anakan plucker sendiri di indonesia sangat beragam ya namun paling tidak anakan usia 1 bulan itu dibandrol harga Rp.1.000.000-2.000.000/ekor. Jadi untuk yang usia 3 bulan ke atas sobat menyiapkan dana 4-6 jutaan itupun tergantung dari silsilah dengan perkawianan silang apa tidak.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan kepada sobat semua terkait ayam plucker semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply