8765

√ Ayam Suro : Ciri-Ciri, Jenis, Perawatan, Keunggulan & Kekurangan

Ayam suro yaitu ayam yang dipercaya mempunyai kekuatan magis dengan ciri-ciri fisik tertentu. Bagi penghobi ayam bangkok pasti sudah tidak asing dengan sebutan ini, pasalnya pengetahuan semacam ini sudah turun temurun dari zaman dahulu.

Meskipun faktanya dilapangan tidak semuanya 100% benar akan tetapi banyak yang yakin bila ayam suro/katuranggan memiliki keistimewaan tertentu. Secara fisiknya untuk menemukan ayam suro saat ini cukup sulit sebab maraknya perkawinan silang lambat laun mengurangi populasinya.

Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwa kekuatan dan derajatnya lebih tinggi dari ayam aduan biasanya. Kalau dari sudut pandang kami lebih percaya ke ciri khasnya tersebut yang bisa membuat pukulan pada lawanny mudah dikalahkan. Daripada kelamaan basa-basi mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya :

Ciri-Ciri & Jenis Ayam Suro

Jenis Ayam Suro

Berhubung banyak klasifikasinya untuk mengupas dari karakteristik unggas suro cukup kami sertakan pada setiap jenisnya saja. Jadi sebagian besar jenis ayam ini asal muasalnya dari strain ayam bangkok klasik. Maka dari itu akan cukup sulit untuk membedakannya bila tidak berpengalaman.

Apakah sudah benar-benar memahami penyampaian kami. Mungkin sampai disini masih ada sobat dunia binatang yang masih kebingungan dengan ayam suro, jika demikian mari simak pemaparan berikut.

Ayam Suro Watu

ayam suro watu

Suro watu adalah ayam bangkok yang mempunyai ciri-ciri fisik yang terletak dibagian kakinya terdapati benjolan layaknya batu menempel. Bagi yang awam dengan bangkok mungkin disangkal kecacatan, padahal hal tersebut ialah tanda utamanya.

Posisi benjolan ini tidak jauh dari tajinya dan sangat terlihat dengan jelas bila diamati dari posisi belakang kaki ayam. Diketahui kelebihannya yaitu akurasi pukulannya yang sangat pedas mematikan. Jadi ciri-cirinya tidak begitu menonjol dan teta letaknya pas dibawah jalu kaki bawah belakang.

Ayam Suro Manten/Pengantin

ayam suro manten

Berikutnya ini disebut dengan suro pengantin kalau dalam bahasa jawanya manten, karakteristik unggas ini terdapati 2 helai bulu ekor yang menjulang tinggi atau lebih panjang dari bulu ekor lainnya.

Kelebihannya adalah juga memiliki pukulan yang amat keras, akurasi dan kecerdikan ketika bertarung. Sehingga ketika bertemu tipe ini cukup berhati-hati karena sangat pandai dalam mencari posisi terbaiknya untuk membalas pukulan ataupun guna menghindarinya.

Ayam Suro Cempaka

Ayam Suro Cempaka

Jenis yang ketiga ini digadang-gadang sebagai kasta suro tertinggi dari lainnya. Hal tersebut tidak lepas lantaran kharismanya dan sering kali membuat lawan kecil hatinya ketika pertama melihat pandangan cempaka.

Secara fisiknya ayam ini memiliki ciri-ciri ules atau bulu yang berwarna putih kuning kehijauan (jalak cempaka), ekor hitam putih/mubal, jalu membentuk lengkungan ke atas dan jengger tegak yang ada 3 belahan. Jadi cukup spesifik sekali untuk mendapatkan ayam seperti ini.

Ayam Suro Kopyor

ayam suro kopyor adalah

Berbeda dengan lainnya kopryor ini dapat diketaui karena bandelnya dan dipercaya tahan akan banting dalam menahan berbagai pukulan lawan yang keras. Karena hal tersebut sering kali musuhnya mengalami kesulitan untuk mengalahkannya. Alhasil banyak yang mentalnya semakin ciut dan kehabisan tenaganya.

Supaya mengetahui letak ciri-ciri utamanya yakni ketika ayam dipegang dan digoyangkan akan mengeluarkan suara krucuk-krucuk layaknya sobat memegang kelapa biasa tua atau kopyor. Seingga akan sulit jika membedakan hanya melihat fisiknya saja tanpa langsung memegangnya sendiri.

Ayam Suro Petir

Ayam Suro Petir

Jenis yang kelima ini cukup mudah dikenali oleh sobat dunia binatang yang awam maupun sudah malang melintang diayam bangkok. Ayam suro petir yaitu unggas yang memiliki karakteristik terletak di jari tengah pecah-pecah menjadi 2.

Biasanya kelebihan ayam ini adalah menghantarkan pukulan yang samgat menyakitkan musuh-musuhnya. Dengan adanya ciri-cirinya ini jelas akan memudahkan sobat dalam memilahnya daripada jenis suro lainnya.

Ayam Suro Ireng

Ayam Suro Ireng

Siapa yang belum mengetahui ciri fisik ayam ini? Apabila benar demikian, mari kita sama-sama pelajari agar saling mengerti. Diketahui bahwa suro ireng diyakini memiliki pukulan yang kuat dan akurasinya cukup diacungi jempol. Biasanya tipe ayam seperti ini juga sering mengenai ke bagian saraf lawannya dengan cepat dan tepat.

Suro ireng mempunyai beberapa ciri khas khusus seperti warna kaki, kuku, mata, paruh dan bulunya. Selain itu rawis-rawisnya paling banyak dengan warna merah hati layaknya gula jawa/aren, jadi banyak yang menyebutnya dengan ules wiring galih. Bagkan model tajinya panjang akan tetapi tidak lancip.

Cara Merawat Ayam Suro

Perawatan Ayam Suro

Sesudah mengkupas tuntas ciri-ciri dan klasifikasinya yang cukup beragam namun masih tergolong mudah untuk mengetahuinya. Dalam penjelasan berikutnya kita akan fokus ke perawatannya agar ayam yang sobat pelihara beul-betul bekualitas bagus.

Jadi sebetulnya untuk metode perawatan tidak jauh berbeda dengan ayam petarung lainnya. Hanya saja bagi sobat yang masih awam terkadang kebingungan untuk merawatnya dengan benar. Terdapat beberapa hal yang mesti dipersiapkan dan dilakukan, kurang lebihnya demikian :

  • Menyiapkan Kandang
  • Memberikan makanan berkualitas tinggi
  • Jadwal vaksin & vitamin jangan sampai terlambat
  • Memandikan dan menjemur
  • Melatih fisik ayam suro (otot, tenaga & pukulan)
  • Pemberian jamu harian
  • Memberikan waktu istirahat yang cukup

Kelebihan & Kekurangan Ayam Suro

Kekurangan Ayam Suro

Secara fisik setiap jenis suro memiliki keunikan tersendiri baik dari bentuk dan modelnya. Hal ini sebagai pembeda daripada ayam petarung lainnya, selain demikian juga masih banyak keunggulan dari unggas ini yang patut diketahui. Apa saja itu inilah daftar kelebihannya.

  • Memiliki derajat kasta tinggi daripada ayam umumnya
  • Pukulan keras dan akurat
  • Terdapat tipe pukul saraf
  • Menciutkan mental lawan-lawannya
  • Cerdik dalam mencari posisi
  • Pergerakan cepat
  • Menampilkan kewibawaan yang tinggi
  • Mempunyai ciri khas tertentu dari pada ayam biasa

Meskipun diatas sudah diakui berbagai keistimewaan/kelebihannya. Makhluk hidup apapun tidak terlepas dari namanya kekurangan baik dari fisik dan sebagainya. Oleh hal tersebut kami akan memaparkan beberapa kelemahan dari ayam suro.

  • Naluri ayam suro rembes kurang bagus
  • Ayam sering kali galak terhadap manusia/peternaknya
  • Stamina cempaka masih bagus tapi cepat sekali kecapean
  • Sulit menemukan berbagai jenis ayam suro
  • Harga sangat mahal
  • Banyak yang mengakuisisi dengan sebutan suro
  • Suro petir kelemahannya jika bertemu lawan bukan dari jenis suro

Bagi sobat yang ingin lebih detail informasi keistimewaannya dapat dicek pada setiap jenis-jenisnya. Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply