√ Jenis-Jenis & Takaran Pemberian Vaksin Ayam Broiler

Vaksin ayam broiler merupakan kegiatan untuk meminimalisir penyakit kepada hewan peliharaan, salah satu dampak positifnya adalah kekebalan tubuh lebih bertambah untuk mencegah suatu penyakit.

Jenis vaksin memang sangat banyak, akan tetapi tidak sembarangan bisa diaplikasikan, karena setiap peternak tidak bisa di sama ratakan. Hanya saja beberapa jenis yang mungkin cocok untuk diberikan.

Sudah dipastikan jika sobat ingin konsultasi di media sosial salah satunya facebook, akan mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman untuk di pertimbangkan. Untuk lebih detail-nya, mari kita bahas secara menyeluruh antara lain sebagai berikut :

Vaksin Ayam Adalah

Vaksin Ayam Adalah

Vaksin atau imunisasi merupakan komponen antigenetik yang digunakan supaya menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin (imunisasi) ini untuk mengurangi pengaruh infeksi penyakit dan mencegahnya agar tidak menular ke yang lainnya.

Biasanya di dalam imunisasi ini agen yang mirip dengan mikroorganisme penyebab penyakit. Bahan untuk pembuatan umumnya menggunakan mirkob yang mati ataupun di lemahkan baik dari kadar toksin atau permukaan protein-nya.

Dengan hal demikian ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan unggas dari berbagai ancaman penyakit yang mematikan. Kita ketahui bahwa ayam broiler sangat rentan stres dan mati baik dari suara yang menggelegar atau pengangkutan dengan jumlah masal tanpa memikirkan risiko-nya.

Merk Vaksin Ayam Broiler

Merk Vaksin Ayam Broiler

Sekarang ini sangat banyak merk vaksin atau vitamin yang tersedia di dunia unggas, namun apa semuanya bagus untuk diterapkan? Tentunya tidak mungkin ya sob, sebab setiap daerah cuaca dan kondisi lingkungan-nya berbeda.

Untuk menjawab hal ini kami kira sobat harus belajar dari orang yang sudah menekuni bidang ini yang di sekitar sobat. Insyaallah sobat tidak perlu jatuh bangun karena orang yang kita minta tolong sudah berpengalaman.

Berikut ini terdapat beberapa vaksin yang bisa sobat aplikasikan untuk ayam broiler di rumah. Karena banyak cara dan jenis nya mari kita pelajari bersama-sama untuk merk yang biasa peternak digunakan, antara lain sebagai berikut :

  • Coryza T

Jenis vaksin satu ini ialah untuk penanganan kepada unggas yang terkena snot atau mata lebam. Walaupun penyakit ini tidak mematikan tetapi akan berdampak kepada nafsu makan berkurang dan pertumbuhan menjadi lambat.

  • Gumboro A

Mengapa kami menyarankan gumboro A karena terdapat jenis B juga. Selain itu kualitasnya lebih bagus A sehingga kita cukup sekali saja memberikan vaksin ini.

Penyerangan penyakit ini sangat berbahaya sebab penyebarannya ke hati ayam, karena pada dasarnya hati ini berguna untuk menetralisir racun. Apabila sudah menyerang maka akan sulit sekali untuk berkembang secara sempurna.

Dampaknya kematiannya juga banyak sehingga kami sarankan agar mencegah daripada mengobatinya, salah satunya memberikan vaksin ini.

  • ND (Newcastle Disease)

Vaksin ND secara umumnya di berikan agar mengendalikan penyakit yang disebabkan sama virus Paramyxo dengan keganasan yang beragam dari rendah sampai tinggi.

Para peternak sangat menakuti karena tingkat kematian begitu tinggi. Gejala yang mudah dikenali yakni ngorok dan sesak nafas. Gejala selanjutnya yakni jengger dan kepala berwarna biru, nafsu makan berkurang, sayap terlukai.

Selain hal itu juga bisa berdampak gangguan saraf dan kejang-kejang serta leher tengeng ( terpelintir).

  • Vaksin IB (Infectious Bronchitis)

Infectious Bronchitis atau IB ialah jenis penyakit saluran pernafasan pada ayam yang mana disebabkan oleh virus. Virus ini sangat berbahaya dan mudah menular sehingga sistem penyebaran berkelompok ayam banyak.

Tanda tanda dari penyakit ini produksi ayam menurun drastis pada ayam petelur dan sesak nafas. Sehingga penyakit ini sangat merugikan jika tidak di antisipasi dari awal.

Baca Juga : √ Daftar Harga Pakan Ayam Broiler Hari Ini

Tingkat kematian kepada ayam muda biasanya antara 0-40%, dengan rata-rata kematian tertinggi kepada ayam yang usianya kurang dari 6 minggu dengan pertumbuhan sangat lambat.

Sedangkan pada ayam yang sudah dewasa rata-rata tingkat kematian 0-5% saja, namun sangat berdampak kepada penurunan produksi yang sangat tajam. Biasanya penurunan ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama bahkan beberapa ayam tidak bisa kembali seperti semula untuk produktifitas-nya.

  • ND Clone

Merk ini merupakan salah satu tindakan lanjutan dari penggunaan vaksin NDIB, bisa digunakan juga tidak tergantung dengan kondisi dan situasinya.

Pemberian ND clone ini melalui air minum yang sama halnya vaksin gumboro, dapat diberikan kepada unggas broiler usia 17-20 hari.

Hal yang wajib diketahui dalam vaksinasi

Hal yang wajib diketahui dalam vaksinasi

Sebelum melakukan vaksinasi yang mesti sobat ketahui ialah dosis dan dampak ketika melebihi kadar dosis serta penanggulangan-nya. Jika berpatokan “sek penting yakin” ya rugi karena sobat tidak menjadi tahu patokan yang benar.

  • Memastikan jenis vaksin, kadar pemberian waktu dan kadaluwarsa vaksin tersebut.
  • Vaksinasi ayam broiler hanya sehat (ayam sakit tidak boleh)
  • Hindari kegiatan vaksin suhu udara ketika melebihi 29 derajat celcius.
  • Air yang diberikan wajib baru dengan kadar PH 6,5-7,5 dan bebas dari desinfektan dan klorin.
  • Mencuci alat vaksin dengan air bersih tanpa klorin dan desinfektan
  • Hindari wadah yang bahan dasar logam, gunakan yang berbahan plastik
  • Berikan suplemen ketika sudah vaksinasi agar ayam broiler tidak stres.

Jadwal & Takaran Vaksinasi

Sebagai ayam untuk konsumsi maka masa hidupnya pendek. Rata-rata pemeliharaan hingga panen yakni 28-35 hari. Dengan hal ini menjadi presentasi penyakit menyerang seperti gumboro dan ND sangat mudah menyerangnya.

Nah berikut ini ada beberapa contoh jadwal untuk vaksinasi ayam broiler yang sobat aplikasikan, antara lain sebagai berikut ini :

Jadwal vaksinasi ayam broiler

sinauternak.com

Semoga dengan adanya informasi vaksin ayam broiler ini bisa menambah wawasan kita semua. Barangkali ada informasi lebih akurat lagi silahkan tinggalkan komentar dibawah ini untuk kita evaluasi kembali. Sekian dari kami dan terimakasih.

Leave a Reply