12406

√ Daftar Warna Telur Ayam Birma Asli & Silangan

Warna telur ayam birma hijau sempat trending sebab mirip dengan telur bebeb, namun hal ini sebetulnya dapat terjadi di karenakan mutasi genetik dari indukan. Kepopuleran ini menjadi hal unik dalam dunia alam laga di indonesia.

Namun faktanya warna telur ini karena kelainan genetik sehingga bertelur warna hijau dan biru. Keunikan ini dapat turun temurun ke anak-anaknya asalkan gen anakan ayam tersebut diatas 50%.

Disisi lain ayam birma ori ternyata bisa bertelur dengan beragam warna antara lain seperti coklat, putih, hijau dan biru. Jadi bagi sobat bila mendapati induk yang bertelur coklat atau putih itu juga kategori ayam birma asli.

Sobat juga harus berhati-hati apabila ada penjual dengan mengatasnamakan ayam birma asli dengan dalih telur warna hijau atau biru, sebab yang menjadi ciri khas tak hanya telurnya saja akan tetapi kualitas dan ciri fisik pula.

Ciri-ciri Ayam Betina Birma Ori

ciri ciri ayam birma ori

  • Bentuk Wajah

ayam birma memiliki ciri-ciri fisik yang mana diantaranya bentuk dari muka, bila kita amati wajahnya sangat tajam dan kepala lebih cenderung kecil.

  • Badan

Rata-rata berat badan ayam birma tidak besar kisaran 2-3 kg saja, namun jika sudah disilangkan ayam ini bisa memiliki berat badan lebih dari 3 kg.

  • Model Mata

Bila mengamati bentuk mata unggas ini sangat kekar dengan ciri khas menjorok kedalam dengan paruh tidak tebal dan runcing.

  • Tipe Jengger

Kebanyakan tipikal dari jengger ayam birma ialah tegak menyerupai dengan tanduk ular. Namun ada pula yang jengger wilah dan semi wilah.

  • Bentuk tulang, sisik dan kaki

Salah satu ciri khas ayam birma terletak pada tulangan yang cenderung tipis, bila sobat kurang menyukai bisa menyilangkan dengan ayam yang memiliki tulangan tebal sehingga melahirkan ayam super-super istimewa.

  • Warna Bulu

Biasanya ayam birma jantan memiliki corak bulu yang dominan ke jalak atau wido, sedangkan betina dominan coklat.

Warna Telur Ayam Birma

warna ayam telur birma

Berdasarkan informasi yang kami ketahui bahwasanya peneliti dari University Of Nottingham di Inggris melakukan penelitian terhadap telur biru ini. Telah berjalan selama 4 tahun. Mereka mengatakan bahwa hal ini terjadi karena mutasi genetik.

Penyebab perubahan warna cangkang telur disebabkan adanya retrovirus yakni virus RNA beruntai tunggal yang mana menyimpan asam nukleat dalam bentuk genom RNA.

Baca Juga : Cara Beternak Ayam Birma Asli

Hal ini mengakibatkan retrovirus melakukan penggabungan beberapa materi genetik ke dalam sel DNA yang terinfeksi.

Harga Telur Ayam Birma

harga telur ayam birma

Harga dari telur ayam birma sangat bervariasi ada yang 20 ribu, 30 ribu, 40-50 ribu perbutirnya. Namun hal ini sobat harus mengetahui kualitas induk dan pejantannya.

Bila ingin membelinya pastikan dulu silsilah keturunan ayam tersebut dan kualitasnya. Sebab banyak oknum yang tak bertanggung jawab guna mendapat hasil yang instant tanpa memperdulikan hasilnya dan kepuasan para pembeli.

Cara Membedakan Betina & Jantan Dari Telur

cara membedakan telur jantan dan betina

Tutorial untuk membedakan telur calon jantan dan betina ialah yang pertama bentuknya. Untuk memudahkan juga bisa memakai pensil dan cincin.

Bentuk telur bulat dengan sedikit lonjong biasanya ini akan menjadi calon ayam betina. Sedangkan telur yang bulat panjang dapat dipastikan akan menjadi jantan. Terkadang bila sobat tidak cermat sering tertukar dengan telur calon bibit betina yang bulat sedikit lonjong.

Maka sebelum menetaskan telur-telur ayam birma sobat harus lebih teliti guna tidak tertukar. Demikianlah rangkaian jenis-jenis warna telur dari ayam birma yang bisa kami sampaikan.

Semoga dengan adanya ini sangat membantu dan menambah wawasan sobat semua, sekian dari kami dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply