√ Makanan Ayam Pelung Agar Cepat Besar & Berkokok Bagus

Makanan ayam pelung menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi banyak hal seperti pertumbuhan, tingkat gemuk, kesehatan dan suara kokok. Nah untuk memaksimalkan hal ini perlu mempersiapkan pakan berkualitas.

Namun tidak usah bingung karena jenis pakan yang bagus mudah ditemukan di sekitar kita, baik pakan harian dan herbal. Dengan demikian tersebut sangat bagus guna menunjang pertumbuhan ayam pelung sehingga bertubuh besar dan tinggi.

Bila kalian pemula hal harus diketahui ialah ketika pergantian musim, sebab cuaca menjadi ekstrim dan sangat bisa terjadi yang namanya ayam sakit. Maka dari itu langkah pertama ketahui penyakitnya baru obati yang sesuai.

Pakan Ayam Pelung

makanan ayam pelung

Pakan yang sesuai bisa kalian aplikasikan berdasarkan usianya diantaranya untuk DOC, lancuran sama indukan. Sedangkan untuk menambah nafsu makan bisa menggunakan hijau-hijauan dan minyak ikan.

Berikut ada beberapa contoh pakan yang baik untuk diterapkan kepada hewan ternak kita seperti :

  • Sentrat/Voer

Jenis voer yang bagus untuk mempercepat pertumbuhan anakan usia 0-2 bulan ialah yang memiliki kandungan protein 20%. Tetapi apa saja sih yang sekiranya cukup di kantong tapi banyak manfaat?

Tenang sahabat duniabinatang karena kami sudah merangkum beberapa yang memiliki nilai protein 20% seperti konsentrat 591, 511, dan 611. Jika ingin lebih detailnya sahabat bisa langsung datang ke tempat penjualan pakan ternak sehingga bisa cek langsung kadar proteinnya.

  • Beras Merah

Pemberian pakan ini juga bagus untuk ayam pelung sebab terdapat kandungan nutrisi yang tinggi. Disisi lain pemberian beras merah kepada ayam tidak merusak suara kokok pada pelung.

  • Gabah

Dengan pemberian pakan ini kepada ayam pelung akan menjadi berat badan yang ringan. Kandungan dalam gabah yakni kalsium yang tinggi sehingga memperkuat bulu ayam supaya tidak mudah rontok.

  • Kacang Hijau

Makanan ini bisa diberikan kepada unggas hias yaitu kacang hijau. Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup banyak sangat membantu pertumbuhan serta tulangan ayam pelung kuat.

Pemberian ini sangat cocok karena aman untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan baik manusia dan hewan.

  • Jagung

Bila kita bandingan dengan gabah, beras merah karbohidrat yang terkandung dalam jagung lebih tinggi. Selain itu juga disertai kandungan kalsium yang tinggi jadi jenis pakan yang satu ini sangat bagus guna mempercepat pertumbuhan tulang dan badan ayam.

Cara Menambah Nafsu Makan Ayam

ramuan nafsu makan ayam pelung

Sudah di ketahui bahwa ayam pelung merupakan tipikal dengan nafsu makan yang tinggi. Akan tetapi tidak bisa kita pastikan akan selalu memiliki nafsu makan yang tinggi.

Jika unggas kita susah makan biasanya kondisi badannya kurang fit atau sehat. Banyak dari kita yang belum mengetahui cara mengatasinya sehingga mengeluhkan hal ini. Jangan khawatir sebab ha ini mudah kita tangani supaya tidak berdampak hal tidak di inginkan. Sekarang sudah banyak cara mengatasinya dengan berbagai cara supaya nafsu makan ayam kembali baik lagi.

Baca Juga : 5+ Peluang Usaha Ternak Menjanjikan

Berikut ini ada beberapa contoh obat tradisional tanpa memberikan efek samping kepada ayam kesayangan kita:

  1. Siapkan 10-13 gram bubuk jahe atau jahe di geprek kemudian di campurkan kepada ayam setiap pagi dengan takaran 10 ekor ayam saja
  2. Ambil 3-4 siung bawang putih bisa di haluskan atau di iris tipis-tipis sampai halus. Kemudian dicampurkan dengan pakan ayam dengan di berikan setiap pagi untuk sekitar 10 ekor ayam dewasa

Selain itu nafsu makan ayam yang berkurang ini bisa di akibatkan dari cacingan jadi bila sudah di berikan ramuan tradisional di atas namun masih tidak bagus makannya bisa jadi unggas tersebut cacingan.

Vitamin Ayam Pelung

buah-buahan untuk ayam pelung

Buah-buahan dan sayuran menjadi bahan yang penting dalam perawatan kepada ayam pelung, berikut ini ada beberapa buah-buahan yang mudah kita dapat di sekitar kita antara lain:

Tomat : Pemberian tomat ini memiliki dampak positif yakni mendinginkan tenggorokan dan mengurangi lendir pada ayam yang bisa memicu ayam sakit.

Pisang: Dengan memberikan pisang kepada ayam pelung ini berfungsi melembutkan suara dan menjadikan nyaman serta suara yang nyaring.

Pepaya : manfaat pepaya yang diberikan untuk ayam ialah menjaga kesehatan pencernaan.

Jeruk : Sedangkan jeruk ini berfungsi mengurangi suara serak dan ngorok

Manfaat Sinar Matahari

manfaat sinar matahari untuk menjemur ayam pelung

  • Meningkatkan nafas ayam pelung
  • Menjadikan fisik ayam jauh lebih kuat
  • Bulu ayam menjadi halus dan mengkilap
  • Dapat membunuh kuman dan kutu bulu yang menempel pada unggas
  • Menjadikan ayam lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit
  • Membantu pertumbuhan bulu dan tulang

Demikianlah rangkaian pemberian jenis pakan untuk ayam pelung dan perawatannya supaya menghasilkan suara kokok yang merdu dan panjang. Semoga dengan adanya informasi ini bermanfaat untuk kita semua sekian dan terimakasih.

Leave a Reply