862

√ Desain Kandang Anak Ayam Laga & Pedaging Sederhana

Kandang anak ayam bangkok ataupun hias memang sangat simpel namun bukanlah hal mudah bagi penghobi yang baru mengenalnya. Mungkin cara merawatnya pun masih kwalahan, maka dari itu metode pembuatan kandang adalah sangat penting untuk mengetahui lebih detailnya.

Sesungguhnya kandang bisa dibedakan berdasarkan jenis dan tujuannya. Misalnya sobat memelihara untuk khusus pedaging tentunya membutuhkan sesuai kapasitasnya yang tidak lain 50-100 ekor. Selain itu adanya beberapa kandang yang dipersiapkan memudahkan dalam pemeliharaan andaikan dilahan sempit.

Bahan yang sobat bisa gunakan untuk membuatnya paling sederhana ialah bambu kemudian kayu reng, triplek, kawat ram dan lain-lainnya. Oleh hal itu, kami disini mengupayakan memberikan infromasi yang akurat agar dengan mudah sobat dunia binatang dipraktikkan. Apa saja penjelasan dari kesempatan ini, berikut sudah kami rangkum dibawah berikut :

Desain Kandang Anak Ayam

Desain Kandang Anak Ayam

Pertama yang sobat analisa yaitu luas lahan yang akan dibuat kandang kemudian disesuaikan dengan desainnya. Misalnya kandang umbaran indukan, pembesaran dan anakan. Dengan adanya pembagian ini akan memudahkan penataan dan menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam pembuatahannya.

Karena rata-rata penghobi memelihara dalam skala rumahan pastinya tidak begitu banyak layaknya ayam petelur dan pedaging oleh hal itu desain kandang anak ayam modern akan lebih efisien diaplikasikan. Paling tidak sobat menyediakan khusus DOC 4-6 kandang saja agar tidak terlalu memakan banyak ruang.

Pasti banyak yang bingung ideal dari kandang ayam bangkok untuk anakan 0-2 bulan? Jika begitu kami akan memberikan gambarnya dengan ukurannya agar mudah difahami dan sangat mudah dibuat. Langsung saja inilah yang paling ideal dan cocok untuk sobat penghobi ayam yang masih pemula :

Model Kandang Anak Ayam

Kandang Anak Ayam Bangkok

Desain yang paling rekomendasi jika sobat memelihara di lahan sempit model kandang plong 4 adalah sangat bagus. Selain mudah dibersihkan dan menghemat ruangan merupakan solusi yang tepat bagi penghobi ayam hias maupun bangkok guna memudahkan dalam cara merawat anak ayam.

Selain itu juga dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Misalnya baru merintis dan memiliki 1-3 induk betina ya sudah buatlah 2 kandang DOC terlebih dahulu agar bisa dimaksimalkan. Sehingga kandang selanjutnya bisa menyusul kedepannya lagi. Andaikan bingung contohnya sudah kami lampirkan diatas ya sobat semua.

Ukuran Kandang Ayam

Ukuran kandang anak ayam

Sedangkan standarisasi kandang DOC paling tidak ialah dengan 60-75 cm saja. Jadi umumnya diperkirakan oleh peternaknya sampai batas usia berapa akan dipindahkan ke kandang pembesarannya. Sebab semakin hari ayam akan bertumbuh besar, sehingga ruang akan menjadi lebih sempit dan bisa berpengaruh ke pertumbuhan anak ayam tersebut.

Secara umumnya tidak ada patokan yang pasti hanya saja kita sebagai pemilik/perawatnya harus jeli dan memperhatikannya lebih agar anak ayamnya dapat bertumbuh kembang dengan apa yang kuta harapkan. Apbila belum mengetahuinya bisa menerapkan dengan ukuran berikut, insyaallah kapastitas 8-12 ekor masih cukup hingga usia 2 bulanan.

  • Tinggi 70-75 cm
  • Lebar 60-75 cm
  • Panjang 75-100 cm

Dari perhitungan diatas setidaknya dari luasnya sudah tercukupi apalagi cukup panjang dan tingginya seperti kandang ayam dewasa yang tidak menyebabkan terlalu pengap dan lembab. Mungkin itu sedikit informasi perihal desain kandang versi dunia binatang.

Bahan Kandang Anak Ayam

Material Kandang Anak Ayam

Salah satu dari sekian bahan yang paling tepat dan mudah didapatkan bambu juga cukup tahan lama walau terkena panas terik matahari bahkan kehujanan. Karena konteks kita kali ini merupakan untuk anakan sehingga akan lebih awet, pasalnya didalam ruangan.

Akan tetapi ada beberapa informasi yang akan kita sampaikan dari bahan yang dapat dimanfaatkan guna membuat kandang ayam. Bahkan harganya pun masih terjangkau, bingung kan apa saja? Inilah bahan-bahan utamanya :

  • Triplek
  • Kayu Reng (2×3, 3×3)
  • Kawat Ram
  • Bambu Jawa, Wulung, Petung & Legi
  • Kayu Plepet/Lis
  • Paku Eternit/Triplek & 4-5 CM
  • Gergaji
  • Palu
  • Engsel
  • Seng Galvalum

Dari sekian contoh bahan diatas sobat bisa mengkombasikan sesuai selera masing-masing. Akan tetapi sebelum melangkah lebih jauh kami merekomendasikan bila sobat untuk membuat desainnya agar tahap-tahap pembuatan bisa lebih cepat dan sesuai sketsa-nya.

Cara Membuat Kandang Anak Ayam

cara membuat kandang anak ayam

Ketika sobat semuanya mau membuat kandang langkah pertama yaitu menentukan dari model sederhana atau modern. Jika sudah maka mulailah membeli material kandangnya dan pastikan dari ukuran dan jumlahnya sudah dihitung juga.

Walaupun terlihat sepele jika dibuat dengan asal-asalan kurang bagus baik dipandang dan dihuni ayam-ayamnya. Oleh sebab itu maksimalkan dalam pemeliharaan anak ayam agar merasa nyaman dan aman. Selain itu kandang bisa sebagai faktor cepat dan lambat dalam pertumbuhan.

Jika kemarin kita sudah belajar dari cara menetaskan telur ayam, maka pada kesempatan kali ini akan berlanjut dari pembuatan kandangnya. Apabila bingung untuk metode pembuatannya sudah kami ringkas informasinya dibawah berikut :

Menyiapkan Alat & Bahan

Nah seperti yang kami katakan diatas sobat hendak membuat kandang ayam yaitu menentukan bahan-bahannya. Misalkan model modern yang tertutup rapat yakni bisa memadukan antara kayu reng, kawat ram dan triplek supaya lebih bagus lagi bisa ditambahkan kayu plepet dan bambu.

Alat dan bahan merupakan komponen utama dalam proses pembuatan kandang anak ayam. Apalagi jika dikhususkan anak ayam baru menetas bisa menggunakan kawat ram sebagai alasnya. Selain tidak menyebabkan terjepit bahkan kotorannya tidak menempel dialasnya, kecuali jika diberikan pelapis berupa kain atau koran.

Andaikan membuatnya dari bambu sebaiknya jaraknya dibuat sedemikian rapat supaya jari/kaki ayam tidak terjepit. Kami sarankan agar benar-benar memperhatikannya ketika menentukan pembuatan dari bahan tersebut. Setidaknya sobat sudah menganalisanya terlebih dahulu.

Membuat Kerangka Kandang

Berlanjut ke tahap kedua yakni membuat kerangka-nya, selain untuk menghitung ukuran yang pas juga akan lebih memudahkan bila sisi samping, belakang dan atasnya menggunakan bahan triplek.

Bahkan sobat membuat kandang anakan ayam ini model 2-4 plong akan lebih mudah dan cepat prosesnya. Sehingga bisa disesuaikan dari kapasitasnya, misalnya DOC pedaging 50-100 ekor tentunya membutuhkan luas dan panjangnya 1,5-2 meter.

Sedangkan kerangka ayam bangkok dan hias dengan ukuran 60×60/70-70 sudah sangat cukup bila diisi 6-12 ekor hingga 2 bulan lah paling tidak. Alhasil model kandangnya modern dan mudah dibuat. Maka dari itu persiapkan dengan matan untuk membuat kerangkanya.

Memberikan Pintu Kandang Anak Ayam

Jangan sampai lupa ketika membuat kandang tidak dikasih pintunya ya sobat. Model, ukuran dan peletakan sesuai selera masing-masing saja. Bisa ditengah, atas, depan bawah dan sebagainya.

Namun paling tidak tatkala pembuatan pintu kandang anak ayam tersebut tempat pakan dan minumnya cukup untuk keluar masuk supaya mudah dibersihkan & mengisi ulangnya.

Menyempurnakan Kandang Anak Ayam

Masuk ke tahapan ke 4 ini yakni menutup semua sisi kandangnya seperti alas, atas, bawah dan sisi sampingnya serta sekat bila dibuat dengan model 2-4 plong. Jika sudah selesai dan betul pemasangannya, maka lanjut ke langkah selanjutnya.

Setelah proses pembuatan 90% maka menyempurnakannya yakni penutup/pintu kandangnya. Sobat bisa memakai dari bahan-bahan yang sama digunakan untuk alas maupun penutupnya. Bila memakai bambu ya bambu andaikan kawat ram ya begitu juga agar lebih terlihat bagus dan hemat bahannya.

Membuat Pemanas Kandang (Lampu)

Cara membuat kandang berikutnya yakni memberikan lampu pijar sebagai penghangat si anak ayam tersebut. Karena memang baru menetas tentunya rentan terhadap kematian jika dibiarkan begitu saja dikandang tanpa ada lampu pijarnya.

Sobat dunia binatang bisa mengatur sedemikian rupa untuk pemasangannya beserta colokan yang penting mudah untuk dimatikan dan dihidupkan kembali. Kalau rekomendasi dari kami aturlah dengan saklar supaya ketika pagi hingga sore mudah dimatikan.

Selain dari model saklar diatas juga menghemat penggunaan listrik jika sobat memelihara dalam jumlah yang banyak. Walaupun 50 ribu kalau dihitung-hitung kan lumayan bila diakomodasikan ke lainnya.

Menyiapkan Tempat Pakan & Minum

Terakhir adalah sobat memberikan media pakan dan minumnya. Apabila ingin hemat bisa membuatnya sendiri dengan pipa paralon ataupun bambu. Tetapi jika mau yang umumnya bisa membelinya ditoko pakan ayam, kurang lebihnya 30.000 sudah cukup 1 tempat pakan dan minumnya.

Apakah sampai tahap terakhir diatas sobat semuanya masih kebingungan dan belum jelas dari perkiraan biaya yang dikeluarkan? Tenang kami masih akan memberikan informasi lagi terkait semua material dalam pembuatan kandang ini hingga jadi.

Estimasi Biaya Pembuatan Kandang

Estimasi Biaya Membuat Kandang Ayam

Agar dengan mudah menghitung biaya yang mesti dikeluarkan dalam membuat kandang anak ayam sobat semuanya juga harus mengetahui dari kebutuhannya. Misalnya kayu reng, ram kawat, paku, engsel, triplek & kayu plepet. Kalau sekedar membuat 1-2 kandang sih uang 150.000-200.000 cukuplah andaikan dikota besar loh ya.

Buat sobat yang tinggal didaerah desa insyaallah dengan uang yang sama sudah bisa buat kandang kapasitas 4 plong sama box jago lah jika ditambah menggunakan bambu bahan-bahannya. Tapi bila ingin yang model modern dan simpel bagusnya yang triplek sih khusus anakan maupun ayam dewasa.

Untuk kalkulasinya pasti banyak yang menanyakan ya? Perlu diketahui bahwa setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, oleh hal tersebut maka akan kami lampirkan yang harga didaerah kami saja ya sobat. Karena paling penting sobat sudah mengetahui materialnya untuk membuat kandang anak ayam.

  • Kayu Reng @1 =Rp.5.000-8.000
  • Kawat Ram @1Meter = Rp.15.000-18.000
  • Triplek 3mm/Lembar = Rp. 70.000
  • Paku Eternit 1/4 Kg = Rp.5.000-10.000
  • Engsel @2.500 x 2 = Rp.5.000
  • Paku Reng 4-5 CM = Rp.5.000

Jadi dari estimasi diatas guna membuat 1-4 kandang anak ayam atau yang disebut BOX DOC kurang lebihnya menghabiskan uang Rp.150.000-200.000 ribu. Walaupun lumayan ya pengeluarannya kita bisa bebas membuatnya dengan model suka-suka. Selain itu bisa dijadikan untuk pembelajaran dan menambah pengalaman baru.

Demikianlah rangkaian yang dapat kami sampaikan seputar cara membuat kandang anak ayam, semoga dengan adanya artikel diatas bisa memberikan pengetahuan baru dan tentunya bermanfaat untuk kita semua. Sekian dari kami mohon maaf jika masih banyak kekurangan, kekhilafan.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply